1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Warga Wonorejo meriahkan HUT RI dengan lomba Karapan Sapi

"Pesertanya kali ini cukup banyak dibanding Sebelumnya. Bahkan, selain peserta dari sini (Wonorejo), ada juga peserta dari wilayah Probolinggo,"

Lomba Karapan Sapi di Wonorejo untuk memeriahkan HUT RI ke-72. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Minggu, 20 Agustus 2017 19:26

Merdeka.com, Pasuruan - Masih dalam momen peringatan HUT RI ke-72, warga di Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan kembali menggelar lomba Karapan Sapi. Kegiatan yang kerap digelar setahun sekali tersebut, menyedot ribuan pengunjung yang datang dari berbagai desa yang ada di wilayah setempat untuk melihat lomba yang dipusatkan di Lapangan Wonorejo itu, Minggu (29/8).

Meski terik mentari menyengat, tak menyurutkan warga masyarakat untuk datang dan menyaksikan puluhan sapi yang beradu kecepatan hingga acara lomba selesai digelar. Beberapa di antara mereka berlindung di bawah payung sembari bersorak dan tak henti-hentinya memberi semangat pada penunggang sapi yang tengah mengendalikan sapi-sapi di tengah lomba.

Abdul Kodir salah satu panitia mengatakan, lomba Karapan Sapi tahun ini di diikuti oleh 28 peserta. Dan perlombaan kali ini dibagi dalam 3 kelas, yakni sapi kecil, sedang dan besar.

"Pesertanya kali ini cukup banyak dibanding sebelumnya. Bahkan, selain peserta dari sini (Wonorejo), ada juga peserta dari luar daerah yaitu Probolinggo," ucap Abdul Kodir.

Tak hanya itu, lomba juga dihadiri oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf. Kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Pasuruan tersebut sebagi bentuk dukungan bupati kepada berbagai tradisi yang ada di masyarakat. Termasuk tradisi lomba karapan sapi yang selalu digelar untuk memeriahkan HUT RI di Kecamatan Wonorejo tersebut.

Padahal, di hari yang sama sebenarnya banyak acara yang tengah berlangsung di wilayah Kabupaten Pasuruan yang juga musti dihadirinya. Namun, Bupati Irsyad lebih memilih untuk menghadiri acara yang sudah sekian tahun dilaksanakan tersebut. (abu)

(NS)
  1. Peristiwa
  2. Budaya
KOMENTAR ANDA