1. HOME
  2. KULINER

Yuk, cicipi lezatnya Rawon Nguling Pasuruan! Dijamin ketagihan

Nasi rawon dengan daging empalnya yang empuk dan sedap untuk disantap.

Pecinta kuliner tengah menikmati sajian kuliner Rawon Nguling. Foto/Abu Zahirah. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Selasa, 11 Juli 2017 23:14

Merdeka.com, Pasuruan - Kabupaten Pasuruan tak hanya dikenal sebagai daerah yang kaya akan kekayaan alamnya. Melainkan juga dikenal sebagai daerah yang banyak terdapat kuliner khas Pasuruan, salah satunya makanan khas yang disajikan di rumah makan (RM) “Rawon Nguling.”


Rumah makan yang terletak di sebelah utara pinggir jalan raya Pantura Pasuruan-Probolinggo ini, kerapkali menjadi jujugan para wisatawan dari dalam maupun luar negeri yang akan berkunjung ke wilayah timur Pasuruan seperti ke Probolinggo, Situbondo maupun Bali.


RM Rawon Nguling memiliki menu masakan yang khas, dibanding dengan sejumlah rumah makan lainnya, yakni sajian nasi rawon dengan daging empalnya yang empuk dan sedap untuk disantap. Tak heran jika para pecinta kuliner selalu menyempatkan waktunya untuk mampir ke rumah makan yang didirikan sekitar 1950-an tersebut.


Reni Elyana, (37), salah satu pengunjung di rumah makan ini mengaku, kalau dirinya sudah seringkali mampir di rumah makan yang saat ini sudah membuka belasan cabangnya di kota-kota besar seperti Surabaya, Malang, Jakarta, dan di daerah kota besar lainnya itu.


“Setiap kali saya usai dari rumah saudara saya di Probolinggo. Saya jarang sekali untuk absen mampir ke rumah makan ini. Sebab kuah nasi rawon yang disajikan di sini sangat lezat dan sedikit manis,” ujarnya kepada merdeka.com, Selasa (11/07).


Dia mengatakan, meski di rumah makan ini juga disediakan berbagai menu makanan lainnya. Yakni, seperti nasi gule kambing, nasi sop, nasi campur, nasi lodeh, nasi pecel, nasi kare ayam kampung, nasi semur daging, dan nasi sayur asem. Namun, dirinya tetap memilih menu andalannya yaitu nasi rawon daging.

“Yang menjadi menu pilihan favorit saya cuman nasi rawonnya saja. Sebab rasanya sangat berbeda dengan nasi rawon di rumah makan lainya,” pungkasnya. (abu)

(NS)
  1. Ragam
  2. Zona Turis
KOMENTAR ANDA