1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Pemkab Pasuruan revisi ISO:2015

Permudah para pencari kerja memperoleh informasi seputar pekerjaan.

ilustrasi. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Rabu, 14 Juni 2017 14:54

Merdeka.com, Pasuruan - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pasuruan merevisi International Standards Organization (ISO) 9001:2015 untuk mempermudah para pencari kerja memperoleh informasi berkaitan lowongan pekerjaan. Standard tersebut merupakan salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen pengukuran mutu organisasi yang mengatur beberapa hal. Diantaranya tentang dokumen, infrastuktur, Sumber Daya Manusia (SDM), kompetensi, sosialisasi dan komunikasi sampai alat ukur.

Sekertaris Disnaker Kabupaten Pasuruan Agus Hermawan mengatakan, revisi yang dilakukan tersebut diantaranya pada perubahan aplikasi Informasi Pasar Kerja (IPK), dari sistem nasional menjadi lokal (hello work). Tujuannya untuk mempermudah serta menyederhanakan pola pencarian informasi kerja yang telah ada sebelumnya.

“Sebelumnya kan para pencari kerja harus input data ke IPK Jakarta dulu. Nah dengan pembenahan aplikasi, mereka bisa langsung masuk ke IPK lokal dengan lingkup Kabupaten Pasuruan. Jadi data yang diinputkan akan terintegrasi antara sistem Disnaker dengan BLK Rejoso dan Bursa Kerja Khusus yang ada di 25 SMK,” katanya seperti dikutip dari pasuruankab.go.id, (14/6).

Menurutnya, revisi yang dilakukan itu akan jauh lebih efektif digunakan oleh para pencari kerja di kabupaten tersebut. Khususnya dalam hal memperoleh informasi lowongan kerja yang tersedia dan diinginkan. Baik akses informasi tentang data perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja maupun kualifikasi yang menjadi persyaratan.           

“Saat para pencari kerja matching data di IPK lokal, kami coba hubungkan dengan lowongan kerja yang tersedia di semua perusahaan di Kabupaten Pasuruan. Sesuai dengan UU No 7 tahun 1981 tentang Wajib lapor Ketenagakerjaan, total perusahaan yang ada di Kabupaten Pasuruan ada 1.896, baik perusahaan berskala kecil maupun besar,” paparnya.            

Sesuai target, revisi ISO 9001:2015 akan diluncurkan pada bulan September 2017. Para pencari kerja usia produktif antara 17-26 tahun dapat memperoleh manfaat dari sistem pencarian kerja yang jauh lebih simple dan tepat sasaran tersebut. (NS)

(NS)
  1. Kebijakan Publik
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata