1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Bupati Irsyad ajak pelajar amalkan nilai-nilai Pancasila

"Menyikapi dengan banyaknya kejadian yang membuat negara kita goyah, maka sepatutnyalah kita kembali ke falsafah negara kita, yakni Pancasila."

©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Sabtu, 19 Agustus 2017 18:31

Merdeka.com, Pasuruan - Mulai pudarnya nilai-nilai Pancasila dalam diri para pelajar saat ini, membuat Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf prihatin. Atas kondisi itulah Bupati Irsyad mengajak para pelajar untuk mengamalkan dasar negara itu pada kehidupan sosial maupun masyarakat.

Ajakan tersebut disampaikan Bupati Irsyad sesaat sebelum memberangkatkan peserta jalan sehat siswa, guru dan pengurus LPM Walisongo Gempol, di Halaman Gedung Timur Yayasan LPM Walisongo Gempol. Kala itu, orang nomor satu di Kabupaten Pasuruan ini, meminta beberapa siswa untuk menyebutkan isi Pancasila secara benar dan lantang.

"Ayo coba angkat tangan, siapa yang bisa sebutkan isi Pancasila," kata Bupati Irsyad saat meminta para siswa di LPM Walisongo Gempol tersebut untuk menyebutkan isi Pancasila, Sabtu (19/8).

Sontak saja ada salah satu siswi bernama Fitri (14), yang langsung mengacungkan tangannya dan kemudian menyebutkan isi Pancasila secara lengkap di hadapan Bupati Irsyad. Karena berhasil menyebutkan isi Pancasila dengan lengkap, Fitri pun mendapat reward dari Bupati Irsyad berupa uang yang nominalnya cukup lumayan.

Di hadapan para siswa, Bupati yang akrab disapa Gus Irsyad itu menyampaikan, bahwa isi dalam Pancasila mengandung semua nilai kebaikan. Selain itu, lanjutnya, menanamkan Pancasila harus dimulai sejak dini, yakni saat anak-anak duduk di bangku sekolah dasar. Hal itu penting dilakukan agar nilai-nilai Pancasila tertanam mulai dari masa kanak-kanak sampai dewasa.

"Menyikapi dengan banyaknya kejadian yang membuat negara kita goyah, maka sepatutnyalah kita kembali ke falsafah negara kita, yakni Pancasila. Oleh karenanya, mari kita gelorakan Nilai Pancasila ke semua orang," pungkasnya. (abu)

(NS)
  1. Peristiwa
KOMENTAR ANDA