1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Ribuan warga Pasuruan ikut muter mangga alpukat bareng Gus Ipul dan Gus Irsyad

"Mangga alpukat merupakan varietas yang sudah dikembangkan sejak 1994."

Gus Ipul dan Gus Irsyad menunjukkan buah mangga alpukat yang merupakan buah mangga khas Kabupaten Pasuruan. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Rabu, 25 Oktober 2017 22:23

Merdeka.com, Pasuruan - Ribuan warga Pasuruan menghadiri acara bertajuk “Muter Mangga Alpukat Bareng Gus Ipul dan Gus Irsyad." Acara tersebut diselenggarakan di Lapangan Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Rabu (25/10).

Pada kesempatan tersebut, Gus Ipul, sapaan Wagub Jatim Saifullah Yusuf bersama dengan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf yang tak lain adalah adik kandungnya sendiri itu, mengajak sekitar 3.000 warga dan pejabat untuk menikmati mangga alpukat bersama.

Mangga alpukat tersebut dipotong tengah, diputar, lalu isinya diambil dengan sendok. Acara itu berlangsung dengan cukup meriah. “Mangga jenis ini sangat istimewa dan berbeda dengan mangga yang lainnya. Sehingga harus dikembangkan terus, promosinya juga harus semakin gencar agar pasarnya meluas,” kata Gus Ipul saat menghadiri acara tersebut.

Sementara itu, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menambahkan, mangga jenis ini juga disebut mangga alpukat karena bisa dimakan seperti alpukat, sehingga tidak usah di kupas, cukup dipotong lalu diputar dan buahnya dimakan dengan sendok.

"Mangga alpukat merupakan varietas yang sudah dikembangkan sejak 1994. Mangga ini mendapat paten atau diakui sebagai buah asli Kabupaten Pasuruan oleh Kementerian Pertanian pada 2016 lalu,” terangnya.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Gus Irsyad tersebut menambahkan, saat ini lahan mangga alpukat di wilayahnya sekitar 4.000 hektar dan kebanyakan berada di Kecamatan Rembang. “Kami akan terus mendorong agar lahan mangga alpukat ini terus diperluas,” imbuhnya.

Untuk diketahui, mangga alpukat merupakan salah satu produk holtikultura unggulan Kabupaten Pasuruan. Selain memiliki keunggulan rasa, buah mangga alpukat ini juga punya keistimewaan dari cara makannya yang cukup diputar tanpa harus dikupas. (oci)

(NS)
  1. Peristiwa
  2. Pertanian
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata