1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Ratusan calon kades di Kabupaten Pasuruan berikrar ciptakan pilkades damai

“Saya siap menang dan siap kalah, apalagi saya juga sudah membaca Ikrar Kepala Desa untuk sama-sama menjaga kondusifitas keamanan..."

Ratusan calon kades di Kabupaten Pasuruan. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Rabu, 04 Oktober 2017 17:58

Merdeka.com, Pasuruan - Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2017 serentak yang akan digelar pada 7 Oktober mendatang. Sebanyak 158 calon kepala desa (Kades) di Kabupaten Pasuruan, menyatakan ikrar ciptakan Pilkades yang aman dan damai.

Hal itu dinyatakan oleh ratusan calon kades tersebut, saat mengikuti Apel Pengamanan Pilkades 2017 di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Rabu (04/10). Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono, dan dihadiri Wakil Bupati Pasuruan Riang Kulup Prayudha, Dandim 0819 Pasuruan Letkol Inf Mulliadi, Kapolres Pasuruan Kota AKBP Rizal Martomo, Para Kepala OPD di jajaran Pemkab Pasuruan, dan ratusan peserta apel lainnya yang terdiri dari Satpol PP, Linmas, Kepolisian dan TNI.

Kapolres Pasuruan Raydian mengatakan, pihaknya akan menerjunkan sebanyak 585 personel yang akan ditugaskan di semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 46 desa di 20 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan. Selain personel kepolisian, pengamanan pilkades juga akan didukung oleh 300 personel yang berasal dari Kodim 0819 Pasuruan dan Satpol PP Kabupaten Pasuruan.

“Ada beberapa desa yang masuk wilayah hukum Polres Pasuruan Kota, jadi jumlah personel yang di-back up langsung oleh Kota juga sebanyak 500 personel. Seluruhnya akan kita kerahkan pada saat pelaksanaan Pilkades, baik pada saat malam menjelang persiapan sampai dengan rekapitulasi penghitungan suara,” kata Raydian, sesaat setelah apel selesai dilaksanakan.

Saat disinggung tentang potensi kerawanan yang timbul pada saat rekapitulasi suara, dia tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga kondusifitas wilayah masing-masing, utamanya para pendukung masing-masing calon kepala desa.

“Terlepas dari menang atau kalah, saya minta kepada semua calon maupun pendukung kepala desa untuk sama-sama legowo dengan hasil apapun, karena pada intinya bukan memilih kepala desa saja, tapi mencari figure pemimpin yang akan membawa kemajuan bagi desa itu sendiri,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu calon kades asal Beji Uswatun Jamilah (43) mengaku akan menjaga kondusifitas desa selama dia mencalonkan diri sebagai Kades Beji. “Saya siap menang dan siap kalah, apalagi saya juga sudah membaca Ikrar Kepala Desa untuk sama-sama menjaga kondusifitas keamanan di Kabupaten Pasuruan,” ujar perempuan yang juga berprofesi sebagai karyawan, di salah satu perusahaan perikanan di wilayah Beji.

Di konfirmasi terpisah, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf meminta kepada para camat agar turut serta dalam mempersiapkan pelaksanaan Pilkades nanti secara maksimal.

"Pasca penetapan bakal calon kepala desa menjadi calon kepala desa. Maka saya minta kepada para camat untuk melakukan persiapan Pilkades secara maksimal, diantaranya yaitu cetak kartu suara, panitia desa cetak suara panggilan dan menyiapkan administrasi pilkades, pantau pelaksanaan kampanye calon kades, pantau dengan penetapan daftar hadir lengkap," pungkasnya. (abu)

(NS)
  1. Peristiwa
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata