1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Miliki ketua baru, Bupati Irsyad minta Dewan Pengawas PDAM semakin banyak berinovasi

"Inovasi tersebut sangat penting untuk menunjang dan menunjukkan berhasil atau tidaknya menjabat sebagai dewan pengawas,"

Bupati Irsyad ketika mengukuhkan Ketua Dewan Pengawas PDAM Kabupaten Pasuruan yang baru. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Kamis, 05 Oktober 2017 17:50

Merdeka.com, Pasuruan - Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengukuhkan Dwitono Minahanto sebagai Ketua Dewan Pengawas PDAM Kabupaten Pasuruan yang baru. Dia meminta agar dengan dikukuhkannya ketua yang baru, Dewan Pengawas PDAM semakin punya banyak inovasi atau terobosan dalam upaya meningkatkan pelayanan air kepada seluru pelanggan PDAM di Kabupaten Pasuruan.

"Inovasi tersebut sangat penting untuk menunjang dan menunjukkan berhasil atau tidaknya menjabat sebagai dewan pengawas," kata Bupati Irsyad dalam sambutannya usai pengukuhan di Pendopo Pasuruan, Kamis (5/10)

Bupati Irsyad menegaskan bahwa Dewan Pengawas PDAM mempunyai beberapa tugas penting. Diantaranya melaksanakan pengawasan, pengendalian dan pembinaan terhadap pengurusan dan pengelolaan PDAM, memberi pertimbangan dan saran kepada kepala daerah, baik diminta atau tidak guna perbaikan dan pengembangan PDAM.

"Selain itu, Dewan Pengawas PDAM harus memeriksa dan menyampaikan rencana strategi bisnis dan rencana bisnis dan anggaran tahunan PDAM, yang dibuat direksi kepada kepala daerah untuk selanjutnya mendapatkan pengesahan," terang Bupati Irsyad.

Masih dalam kesempatan yang sama, Bupati yang akrab disapa Gus Irsyad tersebut menambahkan, dewan pengawas juga memiliki wewenang dalam beberapa hal. Seperti menilai kinerja direksi dalam mengelola PDAM, menilai laporan triwulan dan tahunan yang disampaikan direksi untuk mendapatkan pengesahan kepala daerah, serta meminta keterangan direksi mengenai pengelolaan dan pengembangan PDAM.

“Dewan pengawas juga berwenang mengangkat dan memberhentikan sementara, rehabilitasi dan pemberhentian direksi kepada kepala daerah. Mengakhiri sambutan saya, mari kita satukan tekad untuk membangun PDAM Kabupaten Pasuruan yang terus maju sebagai bagian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan, utamanya pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Sekadar diketahui, memasuki pasa purna tugas, posisi Bambang Abimanyu sebagai Ketua sekaligus Anggota Dewan Pengawas PDAM Kabupaten Pasuruan sebelumnya, kini digantikan Dwitono Minahanto yang tak lain adalah Inspektur Kabupaten Pasuruan.

Penetapan Dwitono sebagai Ketua Dewan Pengawas PDAM Kabupaten Pasuruan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Pasuruan Nomor 500/608/hk/424.014/2017 tertanggaln 2 Oktober 2017. Hadir dalam acara pengukuhan tersebut adalah seluruh anggota Dewan Pengawas PDAM Kabupaten Pasuruan, Sekda Agus Sutiadji, kemudian Yoyok Widoyoko, Pj Direktur PDAM Kabupaten Pasuruan, dan beberapa kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Lingkup Pemkab Pasuruan. (abu)

(NS)
  1. Peristiwa
  2. Pelantikan
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata