1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Pimpin apel Hari Jadi Pasuruan ke-1.088, ini pesan Bupati Irsyad

“Upaya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan bukan hanya menjadi kewajiban pemerintah saja, melainkan seluruh elemen masyarakat..."

Upacara Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke-1.088. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Senin, 18 September 2017 21:02

Merdeka.com, Pasuruan - Hari ini Kabupaten Pasuruan genap berusia 1.088 tahun. Untuk memeringati hari jadi tersebut, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf beserta keluarga besar Pemerintah Kabupaten Pasuruan menggelar Upacara Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke-1.088, di Alun-Alun Bangil.

Selain dipimpin langsung oleh Bupati Irsyad, juga dihadiri Komandan Upacara yang dipercayakan kepada Camat Bangil Rachmat Syarifudin. Sebagai Perwira Upacara adalah Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sunyono, Pembaca sejarah singkat Hari Jadi Kabupaten Pasuruan, Ketua DPRD Sudiono Fauzan, serta Anggota Satpol PP sebagai Pembawa Pataka.

Bupati Irsyad mengatakan, upacara tersebut merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke-1.088, sekaligus penanda lahirnya Kabupaten Pasuruan tepat pada tanggal 18 September 929 Masehi.

“Hari lahirnya Kabupaten Pasuruan telah melalui kajian mendalam terhadap semua bukti dan 5 kriteria pokok penetapan, yakni sejarah tertua, bukti tertulis dan peninggalan tertua, pemukiman tertua, serta struktur pemerintahan tertua yang bersifat Indonesia sentris. Setelah itu, akhirnya penetapan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan resmi ditetapkan melalui Perda Nomor 8 tahun 2007,” kata bupati yang akrab disapa Gus Irsyad itu.

Gus Irsyad berharap, dengan peringatan Hari Jadi ke-1.088 dapat menjadi pendorong bagi seluruh masyarakat untuk membangun Kabupaten Pasuruan yang lebih sejahtera dan maslahat. “Upaya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan bukan hanya menjadi kewajiban pemerintah saja, melainkan seluruh elemen masyarakat bahwa cita-cita mewujudkan kesejahteraan masyarakat, menuntut kerja keras segenap jajaran aparatur pemerintahan, serta bersama-sama saling mengisi dan melengkapi sebagaimana peran dan tugas masing-masing,” terangnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Gus Irsyad juga menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat. Khususnya atas keberhasilan diraihnya banyak penghargaan, seperti Satya Lencana Pembangunan bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana, Satya Lencana Pembangunan Bidang Koperasi dan UKM, Piala Adipura 2017 dan ratusan penghargaan yang telah diterimanya sejak tahun 2013 lalu.

“Saya berharap berbagai prestasi dan apresiasi ini tidak membuat kita cepat berpuas diri, akan tetapi lebih memacu semangat kita untuk mengabdikan diri kepada masyarakat Kabupaten Pasuruan,” pungkasnya. (abu)

(NS)
  1. Peristiwa
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata