1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Peringati HLH, Bupati Irsyad dan ratusan pegiat lingkungan bubuhkan tanda tangan

"Minimal dengan kita tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi sampai dibuang ke sungai, atau bahkan laut."

Bupati Irsyad ketika membubuhkan tandatangan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Senin, 11 September 2017 23:17

Merdeka.com, Pasuruan - Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf membubuhkan tanda tangan peduli lingkungan bersama dengan ratusan pegiat lingkungan dan masyarakat. Pembubuhan tanda tangan tersebut dilakukan di atas kain putih sepanjang 10 meter dalam acara resepsi memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia tahun 2017, di Halaman Parkir Pariwisata Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Senin (11/9).

Selain Bupati Irsyad, pembubuhan tanda tangan tersebut juga dilakukan oleh Wakil Bupati Pasuruan, Riang Kulup Prayudha, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Muchaimin, Camat Tosari, Taufiqul Ghoni, para undangan lainnya serta pegiat lingkungan dan masyarakat sekitar.

Ditemui seusai acara, Bupati Irsyad menegaskan bahwa pembubuhan tanda tangan tak lain sebagai bentuk komitmen bersama untuk saling mengingatkan satu sama lain, terutama pentingnya menjaga keseimbangan alam sekitar.

"Minimal dengan kita tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi sampai dibuang ke sungai, atau bahkan laut. Jangan kita kotori sungai dan laut kita dengan sampah, karena dampaknya adalah pada anak cucu kita kelak. Selain itu, mari kita galakkan program reboisasi secara besar besaran, dengan maksud selain sebagai penyumbang oksigen, juga menjaga keseimbangan alam agar terhindar dari bencana seperti tanah longsor, kebakaran dan banjir," katanya.

Tak selesai sampai di situ, pria yang akrab disapa Gus Irsyad itu juga mengajak masyarakat untuk sama-sama prihatin dengan kondisi alam dan lingkungan yang banyak mengalami kerusakan akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

"Contohnya saja penebangan hutan secara besar besaran yang membuat jumlah pepohonan semakin berkurang. Padahal pohon-pohon ini merupakan penyangga air dan tanah. Kalau pohon-pohon nya sudah habis, longsor jelas bisa terjadi kapan saja, apalagi banjir. Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah SWT," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Irsyad juga melakukan penanaman bibit pohon penghijauan di sekitar lokasi diselenggarakannya resepsi HLH, serta pemberian hadiah untuk para pemenang lomba kebersihan antar organisasi perangkat daerah (OPD), lomba kebersihan antar perusahaan, lomba karya ilmiah pelajar SMP dan SMA serta para juara lomba kreasi busana daur ulang. (abu)

(NS)
  1. Peristiwa
  2. Lingkungan Hidup
KOMENTAR ANDA