1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Mantab! Wapres JK puji kenikmatan Kapiten Pasuruan

“Enak dan mantab, tidak kalah dengan Kopi Toraja atau Kopi Aceh. Bagus dan harus dikembangkan terus."

Wapres JK saat mencicipi kenikmatan Kapiten Pasuruan. Foto/pasuruankab.go.id. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Rabu, 18 Oktober 2017 15:40

Merdeka.com, Pasuruan - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla (JK) memuji kenikmatan rasa Kopi Asli Kabupaten (Kapiten) Pasuruan saat meninjau stand Kapiten Pasuruan pada World Plantation Conferences and Exhibition (Pameran dan Konferesni Perkebunan Dunia) yang diselenggarakan di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Rabu (18/10). JK berkesempatan mencicipi dengan cara menyeruput kopi khas Kabupaten Pasuruan usai membuka pameran dan konferensi perkebunan tersebut.

Menurut orang nomor dua di Indonesia itu, Kapiten Pasuruan memiliki cita rasa nan khas, khususnya untuk jenis kopi arabica. “Enak dan mantab, tidak kalah dengan Kopi Toraja atau Kopi Aceh. Bagus dan harus dikembangkan terus. Selamat Pak Bupati,” ucap JK sembari terus menyeruput Kapiten Pasuruan yang diberikan oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, seperti dikutip dari pasuruankab.go.id.

JK mengunjungi stand Kapiten Pasuruan dengan didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan A Djalil, dan beberapa pejabat lainnya. Usai mencicipi Kapiten Pasuruan, JK kemudian melihat stand-stand dari daerah lain pada pameran tersebut.

Sementara itu, Bupati Irsyad menyampaikan, kunjungan Wapres JK ke stand Kapiten Pasuruan begitu berarti meskipun hanya sebentar. Dia berharap Kapiten Pasuruan akan menjadi brand kuat bagi hasil perkebunan di wilayah yang dipimpinnya. Sebagai bentuk keseriusan pengembangan kopi khas daerahnya, kini telah dipatenkan tiga jenis Kapiten Pasuruan, yakni Joss Kopi, Kopi Ledug dan Arjuna Semar.

“Bagaimanapun caranya saya akan terus membuat Kapiten Pasuruan semakin dikenal luas oleh seluruh masyarakat, baik lokal, nasional atau bahkan dunia mancanegara. Tiga jenis kopi kita sudah paten dan diakui, dan langkah yang lain masih akan terus kita lakukan untuk mengembangkan Kapiten Pasuruan,” bebernya.

Dia menambahkan, untuk mengembangkan Kapiten Pasuruan secara maksimal, pihaknya juga menggelontorkan dana sebesar RP 3 miliar yang diambilkan dari APBD Kabupaten Pasuruan. Anggaran tersebut ditujukan untuk pengadaan bibit kopi, alat pengolahan, pelatihan petani maupun kelompok tani kopi, serta untuk promosi Kapiten Pasuruan sendiri.

“Promosi Kapiten Pasuruan terus kami lakukan. Kalau ada pemeran, baik lokal maupun nasional, selalu kita ikuti. Stand Kapiten Pasuruan selalu sendirian, dan menjadi daya tarik bagi para pengunjung, karena betul-betul kita desain semenarik mungkin, supaya Kapiten Pasuruan semakin populer,” imbuhnya.

Pada stand Kapiten Pasuruan, selain dikunjungi dan mendapat pujian dari Wapres JK, pengunjung lain yang datang juga memberikan pujian serupa ketika mencicipi. Salah satunya dari Director and Senior Managing Executive Officer Key Coffee China Kazuo Kawamata yang mengacungkan jempol usai menyeruput Kapiten Pasuruan.

“That’s coffee what I need. I like the strong taste, and I know that this coffee from high mountain (Kopi inilah yang saya inginkan. Saya suka cita rasanya yang sangat kuat, dan saya tahu kalau kopi ini dari pegunungan yang tinggi),” ungkapnya.

(NS)
  1. Pertanian
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata