1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Keren, Kapiten Pasuruan terpilih jadi salah satu kopi terfavorit di ajang kelas dunia

"Kebetulan saya sendiri pas di lokasi benar-benar kewalahan melayani banyaknya pengunjung yang penasaran mencoba Kapiten Pasuruan,"

Direktur Utama PT RPN DR.Ir. Misnawi (kiri) ketika menyerahkan piagam kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan Ihwan. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Kamis, 19 Oktober 2017 22:16

Merdeka.com, Pasuruan - Kopi Asli Kabupaten (Kapiten) Pasuruan menjadi salah satu Kopi terfavorit dalam ajang World Plantation Conferences and Exhibition (Pameran dan Konferensi Perkebunan Dunia) yang diselenggarakan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat.

Ditetapkannya Kapiten Pasuruan untuk kategori kopi arabica bukanlah hal yang mudah didapat, melainkan melalui banyak tahapan dan proses yang cukup ketat dalam persaingan dengan merek kopi lainya.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengatakan, ada beberapa indikator Kapiten Pasuruan menjadi Kopi Terfavorit dalam ajang yang diikuti para pengusaha, ahli perkopian dan kakau, exportir dan penikmat kopi dari 33 negara di dunia itu. Yakni memiliki cita rasa yang berbeda dengan kopi pada umumnya, packaging (pengepakan dan pengemasan) yang menarik, hingga jumlah pengunjung yang mencicipi Kapiten Pasuruan.

"Kebetulan saya sendiri pas di lokasi benar-benar kewalahan melayani banyaknya pengunjung yang penasaran mencoba Kapiten Pasuruan, mulai dari pengunjung biasa sampai bule-bule dari luar negeri," ujar Irsyad, Kamis (19/10).

Gus Irsyad sapaan akrab bupati Pasuruan ini menambahkan, diantara ratusan pengunjung yang antre ingin mencicipi sekaligus memborong Kapiten Pasuruan adalah Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK). Kata Irsyad, JK memuji kenikmatan Kapiten Pasuruan sebagai kopi yang beraroma kuat, serta memiliki rasa yang mantab. Mungkin itulah yang membuat Kapiten Pasuruan menjadi salah satu magnet tersendiri dalam event yang digelar setiap tahunnya itu.

"Kalau yang nyicipin itu Pak JK dan memuji, maka sudah pasti kopi kita benar-benar enak dan mantab. Saya jadi lebih terpacu untuk terus mengembangkan Kapiten Pasuruan lebih besar lagi," terangnya.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf (keempat dari kanan) ketika berfoto bersama para delegasi dari daerah lain pada ajang World Plantation Conferences and Exhibition (Pameran dan Konferensi Perkebunan Dunia)
© 2017 pasuruan.merdeka.com/Istimewa

Sementara itu, Direktur Utama PT RPN (Riset Perkebunan Nusantara), DR.Ir. Misnawi yang menyerahkan langsung piagam tersebut kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan Ihwan menegaskan, selain cita rasa dan aroma yang sangat kuat, penetapan Kapiten Pasuruan sebagai Kopi paling favorit adalah dari greget dan komitmen Pemerintah Kabupaten Pasuruan yang tak setengah-setengah dalam mempopulerkan potensi kopi, khususnya Kapiten Pasuruan.

"Saya lihat bupatinya luar biasa dalam mengembangkan Kapiten Pasuruan. Contoh sederhana yang dapat dilihat adalah dari stan Kapiten Pasuruan yang sangat menarik seolah-olah mengajak kita untuk nongkrong di cafe atau gerai kopi yang modern dan artistik. Belum lagi kemasan kopi yang sangat bagus, membuat banyak penikmat kopi jadi pengen untuk membelinya," pungkasnya. (oci)

(NS)
  1. Peristiwa
  2. Pertanian
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata