1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Bupati Irsyad sebut pramuka sarat dengan nilai kemanusiaan

“Di dalam pramuka, ada nilai yang menjadikan pemuda yang tangguh, berkepribadian luhur, dan menjunjung persatuan dan kesatuan,"

Bupati Irsyad di sela rangkaian Upacara Peringatan Hari Pramuka yang ke-56. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Senin, 14 Agustus 2017 23:12

Merdeka.com, Pasuruan - Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menyebutkan bahwa gerakan pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal akan melengkapi pendidikan informal yang diperoleh anak-anak dalam keluarga dan pendidikan formal di sekolah. Menurutnya, pemberian pendidikan formal saja tidaklah cukup untuk menghasilkan kaum muda yang handal dan berkarakter.

Hal itu disampaikannya ketika memberikan sambutan di sela memimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-56 di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Senin (14/8).

"Waktu dulu saya masih kecil sangat suka ikut ekstra pramuka. Karena banyak sekali nilai-nilai kemanusiaan yang ditanamkan dalam jiwa seorang pramuka. Jadi saya bangga pernah menjadi anggota pramuka,” ungkap Bupati Irsyad yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Pasuruan di hadapan para peserta upacara.

Bupati yang akrab disapa Gus Irsyad itu menambahkan, untuk mencapai visi gerakan pramuka, setiap anggota masih harus bekerja keras untuk mewujudkannya, serta perlu banyak menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholders. Baik dengan pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. Khususnya untuk menyiapkan generasi yang mampu menjadi pemimpin terbaik bagi bangsa dan negara.

“Di dalam pramuka, ada nilai yang menjadikan pemuda yang tangguh, berkepribadian luhur, dan menjunjung persatuan dan kesatuan, serta menjadi pelopor dalam membangun kualitas sumber daya manusia Indonesia. Maka saya berpesan jangan pernah meninggalkan pramuka,” terangnya.

Selain itu, Gus Irsyad juga menegaskan bahwa upacara pada hari ini merupakan kegiatan yang positif, karena memiliki tujuan membentuk dan membina generasi muda untuk menjadi pemimpin-pemimpin bangsa di masa depan, mempunyai kepribadian yang kuat, pantang menyerah, disiplin, inovatif, bekerja keras, serta membentuk insan-insan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Serta dapat menghasilkan karya-karya yang berguna bagi bangsa dan negara, sesuai dengan makna Pramuka, yakni orang muda yang suka berkarya.

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh Pembina dan Pembimbing Gerakan Pramuka, Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia, Bersatu Kita Kuat. Jadilah pramuka yang membanggakan kita semua,” ujarnya.

Usai upacara, Bupati Irsyad juga berkesempatan menyematkan Tanda Harian Ketua Kwartir Cabang, kemudian dilanjutkan dengan penyematan Lencana Pancawarsa dan Tanda Penghargaan Pramuka Garuda, serta penampilan yel-yel Pasukan Pramuka dari SMP Negeri 1 Beji, Drumband SD NU Kuwarran Bangil, serta Crosser cilik dari MIN 1 Pasuruan di Beji.

Upacara Hari Pramuka debgan tajuk "Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa” itu, seluruhnya berjalan lancar. Selain itu, seluruh petugas dan peserta upacara adalah anak-anak pramuka yang masih duduk di bangku SMP dan SMA.

Pada upacara tersebut, hadir juga para pejabat seperti Wakil Bupati Pasuruan Riang Kulup Prayudha, Sekda Agus Sutiadji, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), camat dan para kepala SD, SMP dan SMA/SMK se-Kabupaten Pasuruan. (abu)

(NS)
  1. Peristiwa
  2. Pendidikan
KOMENTAR ANDA