1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Bupati Irsyad minta Formi Kabupaten Pasuruan gelorakan olahraga rakyat

“Formi harus jadi ujung tombak menggairahkan dan menggelorakan budaya masyarakat."

Pelantikan pengurus Formi Kabupaten Pasuruan. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Selasa, 15 Agustus 2017 16:32

Merdeka.com, Pasuruan - Puluhan penggurus Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Kabupaten Pasuruan periode 2017-2022, dilantik oleh Ketua Formi Jatim, Suparman. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Pendopo kabupaten, Selasa (15/8).

Dalam pelantikan tersebut, dihadiri oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf. Serta sejumlah kepala dinas yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan.

Usai pelantikan dilanjutkan dengan penyerahan bendera Pataka Formi, penandatanganan berita acara serta pemasangan pin kepengurusan Formi kepada Sekretaris Formi Khoirul Huda yang diikuti seluruh pengurus lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Irsyad Yusuf menyampaikan bahwa kepengurusan Formi yang terbentuk, memiliki semangat yang tinggi. Lantaran banyaknya unsur masyarakat yang terlibat dalam kepengurusan Formi Kabupaten Pasuruan.

“Kepenggurusan ini adalah tim yang memiliki semangat kuat, terutama dalam mempertahankan serta melestarikan budaya masyarakat. Banyak olahraga tradisional masyarakat tidak ada yang mengurusi. Untuk itu harus menjadi tugas Formi menggali dan mempertahankannya,” katanya.

Menurut bupati yang akrab disapa Gus Irsyad itu, banyak permainan rekreatif di masyarakat yang dapat digelorakan kembali. Selain karena gerakannya memiliki unsur olahraga yang kuat, juga mengandung filosofi mendalam dalam kehidupan.

Seperti permainan bendan yang dulu banyak dimainkan anak-anak saat istirahat sekolah. Selain mengasyikkan, gerakan olahraganya berupa engklek itu sangat kuat. Adalagi permainan kelompen yang juga mengandung unsur filosofi, untuk menjaga kekompakan.

“Formi harus jadi ujung tombak menggairahkan dan menggelorakan budaya masyarakat. Karenanya Formi saya minta untuk segera menggelar event berupa festival maupun lainnya, untuk melombakan seluruh jenis permainan atau olahraga rekreasi masyarakat,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Formi Kabupaten Pasuruan Lulis Irsyad Yusuf menyampaikan, pihaknya akan bergerak cepat untuk membumikan Formi di Kabupaten Pasuruan. Yakni, pada agenda awal akan dilakukan dengan pembentukan Formi di tingkat kecamatan dan dilanjutkan dengan pelantikannya secara serentak.

"Pelantikannya akan digelar bersama di Pendopo Kabupaten Pasuruan. Kemudian dilanjutkan dengan gelaran semacam festival, olimpiade atau lomba-lomba permainan olahraga tradisional yang akan digelar untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Pasuruan. Saat ini agenda-agenda itu tengah kami persiapkan,” papar istri dari Bupati Irsyad Yusuf tersebut. (abu)

(NS)
  1. Olahraga
KOMENTAR ANDA