1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Bupati Irsyad pastikan Tol Gempas aman dilalui pemudik

"Dan setelah saya cek serta saya tanyakan kepihak terkait, InsyAllah tol ini aman untuk dilalui para pemudik."

Bupati Irsyad Yusuf mengecek ruas Tol Gempas. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Senin, 19 Juni 2017 01:37

Merdeka.com, Pasuruan - Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf memastikan bahwa ruas Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) Seksi 1A atau Gempol-Bangil aman untuk dilewati para pemudik. Hal itu disampaikan oleh Bupati Irsyad kepada sejumlah wartawan pada saat mengecek langsung kesiapan ruas tol tersebut bersama dengan Forpimda setempat.

"Tol Gempas (Gempol-Pasuruan) ini akan mulai dioperasikan pada Senin (19/6) besok. Dan setelah saya cek serta saya tanyakan kepihak terkait, InsyAllah tol ini aman untuk dilalui para pemudik," ujar bupati yang akrab disapa Gus Irsyad itu kepada para wartawan, Minggu (18/6).

Pengoperasian ruas tol tersebut dilakukan sesuai dengan saran dari pemerintah pusat agar jalan tol yang sudah selesai pengerjaannya, dapat dibuka untuk upaya pencegahan kemacetan saat arus mudik lebaran tahun 2017 ini. "Kami lihat kondisinya, dan semuanya. Ternyata memang sudah siap untuk digunakan arus mudik," imbuhnya.

Dia berharap, dengan mulai dioperasikannya tol itu, dapat membantu memberikan alternatif jalur bagi para pemudik yang akan melewati Pasuruan. "Saya berharap dengan adanya jalan tol ini bisa membantu sekaligus menghindari kemacetan di Bangil dan sekitarnya. Dan semoga jalan tol ini menjadi solusi bagi para pemudik agar tidak terjebak kemacetan," paparnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Transmarga Jawa Timur Pasuruan, Agus Purnomo selaku pemegang kontrak pengerjaan Tol Gempas menyampaikan, tol ini hanya akan dibuka mulai H-7 lebaran hingga H+7 lebaran.

"Paska lebaran jalan tol ini tidak lagi dibuka untuk umum. Sebab jalan tol ini akan dibuka untuk umum paska surat rekomendasi layak jalan sudah turun dari pusat. Untuk itu, sekarang kami masih menunggu rekomendasinya turun, sama menunggu ketentuan tarif tol. Kalau semunya sudah lengkap, maka akan kami buka untuk umum," pungkasnya. (abu)

(NS)
  1. Mudik
  2. Infrastruktur
KOMENTAR ANDA