1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Bupati Irsyad lepas 1.132 jamaah haji asal Kabupaten Pasuruan

"Semoga semuanya lancar dan kembali ke Tanah Air dengan selamat,”

Pelepasan jamaah haji asal Kabupaten Pasuruan. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Sabtu, 12 Agustus 2017 18:07

Merdeka.com, Pasuruan - Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf melepas 1.132 jamaah haji asal Kabupaten Pasuruan. Para jamaah diberangkatkan dari Komplek Perkantoran Pemkab Pasuruan di Jalan Raya Raci Bangil, Sabtu, (12/8).

Selain Bupati Irsyad, pelepasan tersebut juga disaksikan oleh Wakil Bupati Pasuruan Riang Kulup Prayudha, Ketua Tim Penggerak PKK Lulis Irsyad Yusuf, Ketua DPRD Sudiono Fauzan, Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono, Kapolres Pasuruan Kota AKBP Rizal Martomo, Sekda Agus Sutiadji, para Kepala OPD, serta sejumlah alim ulama, seperti Rois Surya PCNU Kabupaten Pasuruan KH Muzakki Birul Alim, Ketua MUI Kabupaten Pasuruan KH Nurul Huda, dan kiyai lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Irsyad menyampaikan bahwa keberadaan jamaah haji merupakan duta bangsa. Selain sebagai tamu Allah, setiap jamaah membawa nama baik Indonesia, sehingga dirinya berharap agar seluruh jamaah Kabupaten Pasuruan betul-betul melaksanakan segala rukun haji dengan baik dan benar, serta dapat menempatkan diri sebagai bagian dari Bangsa Indonesia.

“Berada di Tanah Suci Makkah tidak sama dengan yang lainnya. Yang namanya firasat, membatin dan tingkah kita sekecil apapun akan langsung dibalas dan dipertunjukkan oleh Allah SWT. Untuk itu, saya ucapkan selamat beribadah kepada para jamaah calon haji Kabupaten Pasuruan. Semoga semuanya lancar dan kembali ke Tanah Air dengan selamat,” pesan bupati yang akrab disapa Gus Irsyad itu.

Tak hanya itu, Gus Irsyad juga mengimbau kepada para jamaah agar senantiasa mengikuti petunjuk dan arahan dari Ketua Regu (Karu), Ketua Rombongan (Karom), Ketua Kloter, serta petugas haji. Mengingat peraturan dibuat untuk kemasalahatan bersama.

“Saya juga berpesan kepada para jamaah agar dapat menjaga kondisi kesehatan, mengingat cuaca di Indonesia tak sama dengan di Tanah Suci Makkah. Jangan lupa untuk minum air putih sebanyak-banyaknya, vitamin kalau perlu. Makan jangan sampai terlambat, karena ibadah haji itu akan menguras tenaga, karena bergabung dengan jamaah dari seluruh negara di dunia,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan, As’adul Anam mengatakan, dari 1.132 jamaah terbagi dalam tiga kloter, yakni kloter 47 dengan jumlah 445 jamaah (10 rombongan dan 40 regu), dan akan masuk ke Asrama Haji Sukolilo pada pukul 07.00 WIB serta berangkat ke Tanah Suci Makkah pada tanggal 13 Agustus 2017 pukul 07.25 WIB.

“Begitu juga untuk kloter 48 yang terdiri dari 441 jamaah (10 rombongan), dua jamaah sakit dan satu orang mengundurkan diri, dan tiba di asrama pukul 08.00 WIB serta berangkat ke Tanah Suci Makkah pada tanggal 13 Agustus pukul 07.55 WIB. Dan yang terakhir adalah Kloter 49 berisikan 246 jamaah (6 rombongan dan 26 regu), dan masuk di asrama pukul 11.00 WIB, dan berangkat ke Tanah Suci Makkah tanggal 13 Agustus pukul 10.55 WIB,” pungkasnya. (abu)

(NS)
  1. Jamaah Haji
KOMENTAR ANDA