1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Begini upaya Bupati Irsyad genjot potensi peternakan di Pasuruan

”Saya berharap dengan diselenggarakannya kontes ternak dan expo peternakan Kabupaten Pasuruan ini, bisa memotivasi para peternak..."

Bupati Irsyad di tengah pelaksanaan kontes ternak dan expo peternakan. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Senin, 23 Oktober 2017 20:19

Merdeka.com, Pasuruan - Upaya Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf yang terus menggenjot potensi peternakan di wilayah Kabupaten Pasuruan seakan tak pernah berhenti. Itu dibuktikan dengan digelarnya kembali Kontes Ternak terbesar di Kabupaten Pasuruan.

Kali ini, kontes ternak tahunan tersebut digelar di lapangan Desa Kenduruhan, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Meski bukan yang pertama kali digelar, namun kontes tersebut masih tetap ramai diikuti para peserta.

Bahkan, animo masyarakat Kabupaten Pasuruan yang ingin melihat kontes itu pun juga cukup tinggi. “Kabupaten Pasuruan merupakan daerah lumbung ternak di Jawa Timur. Selain itu, juga sebagai salah satu daerah pemasok daging, telur, dan susu sebagai sumber pangan utama untuk pemenuhan gizi anak-anak,” kata Bupati Irsyad Yusuf fi sela pelaksanaan kontes, Senin (23/10).

Gus Irsyad, sapaan akrabnya, menambahkan, di tahun 2016 lalu produksi daging di wilayahnya mencapai 24.294,22 ton, telur 15.079,71 ton dan susu 98.372,35 ton, dan seluruhnya dihasilkan dari beraneka jenis ternak mulai sapi potong, kambing, domba, serta berbagai jenis unggas dan sapi perah.

“Jumlah populasi sapi perah di Kabupaten Pasuruan yaitu sebanyak 84.424 ekor, yang mampu menyumbang 32% populasi sapi perah di jawa timur yang berjumlah 255.947 ekor, sedangkan populasi sapi potong sebanyak 105.469 ekor dan menyumbang 2,47% populasi sapi potong di jawa timur yang berjumlah 4.267.325 ekor. ke depan kami berharap Kabupaten Pasuruan bisa meningkatkan sumbangsih bagi ketersediaan pangan nasional,” terangnya.

Gus Irsyad berharap dengan diselenggarakannya kontes dan expo peternakan itu, para peternak mampu memproduksi ternak-ternak bibit yang unggul, produktif dan berkualitas, sehingga kelangsungan bibit pengganti bagi induk-induk yang tidak produktif secara swadaya dapat berkelanjutan.

”Saya berharap dengan diselenggarakannya kontes ternak dan expo peternakan Kabupaten Pasuruan ini, bisa memotivasi para peternak di Kabupaten Pasuruan agar terus mengembangkan budidaya ternak secara berkelanjutan,” tegasnya.

Bupati Irsyad ketika memberikan sambutan di sela pelaksanaan kontes dan expo peternakan Kabupaten Pasuruan
© 2017 pasuruan.merdeka.com/Gus Oci

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan Irianto mengatakan, jumlah sapi yang mengikuti kontes ternak ini ialah sebanyak 110 ekor. Sedangkan untuk jumlah kambing dan domba yaitu mencapai 68 ekor.

“Kontes kali ini lebih meriah dibanding tahun lalu. Sebab kali ini ada beberapa kriteria yang ditampilkan. Diantaranya yaitu Calon induk sapi PO, calon induk sapi persilangan hasil Inseminasi Buatan (IB), bakalan kereman sapi PO, bakalan kereman sapi persilangan hasil IB, pedet betina sapi hasil IB, pedet jantan sapi hasil IB, kereman extrim, induk sapi perah PFH, kambing PE jantan, kambing PE betina, domba ekor gemuk jantan dan domba ekor gemuk betina,” bebernya.

Dia juga menambahkan bahwa kontes ternak tersebut, akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni mulai 22-24 Oktober 2017. Sementara untuk penjuriannya, panitia akan mengambil juara I, II dan III serta Juara harapan I, II, dan III. (oci)

(NS)
  1. Peternakan
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata