1. HOME
  2. INFO PASURUAN

USAID beri bantuan Rp 840 juta program hibah air minum pedesaan di Kabupaten Pasuruan

“Program ini untuk membantu PDAM dalam pelayanan air bersih, khususnya air minum yang belum dapat menjangkau masyarakat pedesaan."

Ilustrasi. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Kamis, 02 November 2017 21:22

Merdeka.com, Pasuruan - USAID melalui Kementerian Keuangan memberikan bantuan program hibah air Minum pedesaan tahap I kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan, yaitu sebesar Rp 840 juta. Sebelum pencairan dana hibah itu, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf terlebih dulu akan menandatangani MoU (nota kesepahaman) dengan USAID dan Kementerian Keuangan, di Kantor Kementerian Keuangan RI, di Jakarta, Kamis (02/11).

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Pasuruan Misbah Zunib menjelaskan, bantuan tersebut dipergunakan untuk penyambungan sambungan air minum ke rumah-rumah warga di 3 desa di Kecamatan Purwosari, yakni Desa Tejowangi sebanyak 111 kepala keluarga, Desa Cendono sebanyak 121 KK dan Desa Sumberrejo sebanyak 188 KK dengan persyaratan penerima manfaat, seperti kondisi rumah sesuai kriteria dan bersedia menjadi pelanggan PDAM serta daya listrik yang terpasang pada rumah tangga tersebut tidak lebih besar dari 1.300 VA dan 50% di antara target tersebut untuk MBR yang memiliki daya listrik 900 VA.

“Bantuan hibah ini merupakan usulan kita, kemudian oleh pemerintah pusat meminta kita supaya nalangi (menganggarkan) uang nya terlebih dulu, kemudian diganti dengan jumlah yang sama dengan usulan kita,” kata Misbah.

Lebih lanjut dia mengatakan, program penyambungan air bersih telah dilaksanakan mulai juni hingga agustus lalu, di mana distribusi air minum melalui jaringan perpipaan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) masih belum menjangkau seluruh warga pedesaan, terutama MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) karena kemampuan daya beli.

“Program ini untuk membantu PDAM dalam pelayanan air bersih, khususnya air minum yang belum dapat menjangkau masyarakat pedesaan. Program Hibah Air Minum akan berkontribusi pada program 100-0-100, yang merupakan target 100% akses aman air minum, 0% kawasan kumuh dan 100% akses sanitasi layak yang dapat dipenuhi pada tahun 2019,” pungkasnya. (oci)

(NS)
  1. Layanan Publik
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata