1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Satu-satunya di Jawa Timur, Madrasah bertaraf internasional kini hadir di Pasuruan

“Pokoknya kita akan dukung terus pembangunan MAN IC ini, baik melalui APBD Kabupaten Pasuruan dan dukungan lainnya."

Bupati Irsyad melakukan peletakan batu pertama pembangunan MAN IC. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Kamis, 14 September 2017 21:12

Merdeka.com, Pasuruan - Letak geografis Kabupaten Pasuruan yang cukup strategis, serta banyaknya SDM manusia yang cukup mumpuni, membuat Kabupaten Pasuruan dipilih sebagai lokasi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC). Sekolah bertaraf internasional tersebut ditarget akan mulai beroperasi pada 2019 nanti.

Saat ini sudah dimulai pembangunan madrasah berbasis internasional tersebut, yang lokasinya berada di Desa Kedawung Wetan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Dimulainya pembangunan MAN IC itu, ditandai dengan ground breaking atau peletakan batu pertama oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf yang kemudian diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Samsul Bahri.

Dalam kesempatan itu, Bupati Irsyad mengatakan, penetapan lokasi MAN IC tersebut tak lain sebagai bagian untuk menekan disparitas wilayah antara barat dan timur, sesuai dengan fokus pembangunan tahun keempat (tahun 2017), yakni pemerataan investasi guna menekan disparitas wilayah.

“Pemerataan pembangunan investasi bukan hanya di bidang fisik saja, melainkan juga kita dorong pemerataan di bidang sumber daya manusia untuk mengejar ketertinggalan dengan daerah lain, yang pada akhirnya bermuara pada terwujudnya kesejahteraan dan kemaslahatan seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan,” katanya.

Untuk mendukung pembangunan MAN IC tersebut, Pemkab Pasuruan telah menghibahkan tanah seluas 90.040 meter persegi, yang sebelumnya telah melalui proses penyerahan asset tahap pertama, kedua dan terakhir.

Dan di tahap pertama telah dilaksanakan pada tahun 2014 dengan penghapusan hak atas tanah milik Pemkab Pasuruan seluas 68.602 meter persegi, kemudian tahap kedua seluas 89.497 meter persegi, dan penandatanganan berita serah terima kepemilikan seluas 90.040 meter persegi.

“Pokoknya kita akan dukung terus pembangunan MAN IC ini, baik melalui APBD Kabupaten Pasuruan dan dukungan lainnya. Yang paling penting pembangunan ini telah resmi dimulai tahun ini,” tegas bupati yang jago bikin lirik lagu tersebut.

Hanya saja, meski nantinya MAN IC akan menjadi madrasah unggulan berkelas internasional, Bupati Irsyad mengimbau agar keberadaan madrasah tersebut apat memotivasi madrasah-madrasah lain untuk ikut memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Pasuruan, memanfaatkan SDM Para pengajar dan lulusan sekolah di Kabupaten Pasuruan untuk menjadi bagian dari MAN IC.

“Pesan saya hanya tiga saja, yakni ikut mendorong tumbuh kembangnya madrasah lain yang lebih kecil, serta mengambil lulusan dari putra Kabupaten Pasuruan, baik sebagai siswa baru maupun para pengajar, dan itu juga telah melalui seleksi juga," pungkasnya. (abu)

(NS)
  1. Pendidikan
KOMENTAR ANDA