1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Pemkab Pasuruan optimistis raih Adipura Kencana di 2018

"Untuk itu, saya minta kepada semua Kepala OPD, juga Pak Sekda dan camat untuk merapatkan barisan,”

©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Minggu, 08 Oktober 2017 00:40

Merdeka.com, Pasuruan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan menagetkan dapat meraih Piala Adipura Kencana pada 2018 mendatang. Untuk meraih target tersebut, Bupati Irsyad Yusuf mengundang Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sudirman untuk memberikan evaluasi kekurangan apa saja yang masih dimiliki wilayahnya selama penilaian Adipura pada 2017.

Hal itu mengemuka pada rapat koordinasi yang dipimpin Bupati Irsyad, Sabtu (07/10). Pada rapat di Gedung Segoropuro Komplek Pendopo Kabupaten Pasuruan tersebut dihadiri juga oleh Sekda Agus Sutiadji, seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Pasuruan, hingga para camat.

Pada kesempatan itu, Sudirman menyampaikan bahwa kabupaten/kota yang dinilai layak menerima Adipura Kencana adalah kabupaten/kota yang dinilai terbukti berhasil dalam mewujudkan kota yang bersih, pengelolaan lingkungan hidup yang baik, konsisten menjaga keindahan dan kebersihan kota, serta memiliki berbagai inovasi sesuai karakter maisng-masing daerahnya.

“Contoh tetangga yang paling dekat adalah Surabaya, di mana ada lima kriteria yang membuat Surabaya kembali meraih Adipura Kencana tahun ini. Yakni mengubah sampah menjadi energi (waste to energy), lalu pemanfaatan lahan sempit (urban farming), keanekaragaman hayati, adaptasi dan mitigasi yang baik,menjaga kelestarian sumber mata air, penanaman pohon, serta pembuatan waduk/situ. Saya yakin kalau ini ditiru, maka Kabupaten Pasuruan sudah pasti akan bisa mengikuti Surabaya,” ucap Sudirman dalam paparannya.

Khusus Kabupaten Pasuruan, kata Sudirman, pada periode 2017 terdapat 31 indikator yang nilainya masih kurang dari 75. Diantaranya pada proses pengelolaan sampah, khususnya pada pemilahan sampah. Selain itu pada penghijauan, fungsi pohon peneduh, kerapatan tajuk dan keanekaragaman jenis hutan kota, sampai dengan sistem pencatatan dan pengolahan sampah. Meski begitu, kekurangan-kekurangan tersebut masih bisa diperbaiki..

“Sudah tidak boleh ada leha-leha atau bersantai ria, karena untuk mewujudkan Adipura Kencana sangat berat. Jadi harus menggerakkan semua elemen masyarakat untuk menciptakan daerah yang bersih, hijau, dan sehat. Kalau tidak dimulai dari sekarang, maka akan sulit sekali untuk meraihnya,” katanya.

Sementara itu, Bupati Irsyad menyampaikan, untuk mengejar nilai yang kurang pihaknya meminta segenap jajarannya dari mulai Sekda, Kepala OPD, hingga pada tingkat camat mampu bersama-sama dengan masyarakat mewujudkan Kabupaten Pasuruan yang indah, bersih dan sehat, dan sesuai dengan tagline Kabupaten Pasuruan “Always Fresh.”

“Makanya kenapa saya mengundang Pak Sudirman di hari libur ini, karena untuk menunjukkan betapa bisanya (mampu) kita meraih Adipura Kencana. Penjelasan beliau kita catat dan akan kita wujudkan dalam gerak cepat. Untuk itu, saya minta kepada semua Kepala OPD, juga Pak Sekda dan camat untuk merapatkan barisan, serta langsung menggerakkan semua elemen dengan anggaran yang sudah kita siapkan,” ujar bupati yang akrab disapa Gus Irsyad itu.

(NS)
  1. Penghargaan
  2. Lingkungan Hidup
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata