1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Pemkab Pasuruan kembali raih Indonesia Attractiveness Award 2017

"Penghargaan yang kami raih ini juga tak lain berkat kerja sama semua pihak,"

Bupati Irsyad ketika menerima penghargaan Indonesia Attractiveness Award 2017. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Sabtu, 30 September 2017 03:01

Merdeka.com, Pasuruan - Karena keberhasilannya menarik para investor untuk berinvestasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan kembali meraih penghargaan Indonesia Attractiveness Award 2017. Penghargaan itu diberikan oleh Tempo yang bekerjasama dengan Frontier Consulting Group. Pada penghargaan tersebut, Kabupaten Pasuruan kembali meraih dua kategori sekaligus, yakni masuk pada 23 kabupaten terbaik se-Indonesia, serta top 3 kabupaten terbaik untuk kategori investasi.

Kedua penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata RI Dadang Rizki Ratman dan Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri RI Zudan Arif Fakrullah kepada Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf dalam acara Indonesia Attractiveness Award 2017, di Hotel Westin, Jakarta, Jumat (29/09) malam.

Seperti diketahui, Indonesia Attractiveness Award 2017 merupakan penyelenggaraan ketiga yang digelar Tempo dan Frontier Consulting Group, untuk menghasilkan pemeringkat IAI, metodologi yang digunakan adalah penelitian kuantitatif.

Menurut CEO Frontier Consulting Group Handy Irawan, tim peneliti menyisir data-data sekunder dan primer (mystery calling, analisis digital dan media sosial) dari 508 kota/kabupaten yang dinilai. Pengumpulan data primer dilakukan dari Mei sampai Juni 2017, sedangkan data sekunder dikoleksi sejak awal 2016.

“Kita turunkan tim untuk menelusuri jejak rekam kepala daerah, baik itu gubernur, bupati atau walikota terhadap kinerjanya. Apakah kepemimpinannya benar-benar membawa perubahan yang signifikan atau tidak, dan saya lihat untuk Kabupaten Pasuruan sangat luar biasa dipimpin Bupati Irsyad Yusuf. Karena selain orangnya masih muda, banyak sekali inovasi yang telah dibuat dan berdampak positif terhadap pembangunan di segala bidang, baik fisik maupun non fisik, dan intinya membuat Kabupaten Pasuruan semakin populer di tanah air,” ucap Handy di sela acara.

Direktur Utama PT Tempo Inti Media Toriq Hadid menambahkan, ada dua indikator yang menjadi tolak ukur dalam penghargaan Indonesia Attractiveness Award 2017. Indikator pertama yang digunakan adalah kontribusi PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) terhadap PDRB Provinsi di atas 20%, atau kontribusi PDRB lebih besar daripada PDRB Provinsi. Sedangkan indikator kedua yang digunakan adalah pertumbuhan PDRB harus lebih besar dari rata-rata pertumbuhan koridor atau PDRB per kapita lebih besar dari rata-rata PDRB perkapita koridor.

“Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam menarik investor yang menanamkan investasinya ke berbagai sektor serta upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara konsisten, saya acungi jempol. Kabupaten Pasuruan menjadi salah satu daerah unggulan di Jawa Timur, bukan hanya dalam hal investasi saja, tapi juga dalam pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat,” jelasnya.

Sementara itu, keberhasilan Kabupaten Pasuruan menjadi 23 kabupaten terbaik dengan indeks investasi di atas rata-rata, serta top 3 kabupaten terbaik dengan indeks potensial di atas rata-rata tak lepas dari peran dan tangan dingin Bupati Irsyad Yusuf.

"Penghargaan yang kami raih ini juga tak lain berkat kerja sama semua pihak, utamanya empat pilar penting, yakni pemerintah, swasta, dunia usaha, serta para cendekia dan masyarakat se-Kabupaten Pasuruan. Namun, penting untuk diketahui bahwa bukan penghargaan yang kami cari, melainkan lebih pada bagaimana menggandeng semua pihak untuk sama-sama memajukan Kabupaten Pasuruan, salah satunya di bidang investasi," tegasnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Gus Irsyad ini mengatakan, pertumbuhan ekonomi juga terus naik secara konsisten, yakni mencapai 5,44% pada tahun 2016 lalu, serta angka kemiskinan yang berhasil diturunkan secara drastis.

“Keberhasilan yang kami peroleh saya hadiahkan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan. Sekali lagi, mari kita terus membangun Kabupaten Pasuruan menjadi Kabupaten yang bukan hanya kebanggaan kita saja, tapi kebanggaan masyarakat Jawa Timur dan Indonesia,” pungkasnya. (abu)

(NS)
  1. Penghargaan
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata