1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Jelang Lebaran, petani Sedap Malam di Pasuruan kebanjiran pesanan

“Bisnis bunga potong Sedap Malam ini sangat prospektif untuk terus dikembangkan."

Petani memanen Bunga Sedap Malam di Kecamatan Rembang. Antara Foto/Moch Asim. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Jum'at, 23 Juni 2017 00:59

Merdeka.com, Pasuruan - Jumlah permintaan Bunga Sedap Malam dari petani di Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan melonjak tajam menjelang Lebaran. Tak tanggung-tanggung, peningkatan pesanan bunga yang menjadi andalan hasil pertanian hortikultura di kecamatan tersebut, mencapai 300% dari hari-hari biasa.

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sedap Malam Kecamatan Rembang Abdul Kodir menyampaikan, permintaan tak hanya datang dari wilayah Jawa Timur saja, namun juga datang dari daerah lain hingga luar pulau.      

Setiap hari, kata dia, hasil panen Bunga Sedap Malam di kirim ke berbagai daerah di jawa Timur seperti Surabaya. Selain itu, juga dikirim ke kota-kota besar lainnya di Indonesia seperti Jakarta, Mataram, Makassar dan juga Bali.

“Tiap hari, kami kirim sekitar 20 ribu batang Sedap Malam ke beberapa toko bunga di Kayun, Surabaya. Kalau ke Jakarta, menjelang Lebaran tahun ini selalu ada peningkatan permintaan, bisa sampai 200 ribu batang. Sedangkan ke Mataram sekitar 5 ribu batang, Bali 50 ribu batang dan Makassar sekitar 1.000 batang,” katanya seperti dikutip dari pasuruankab.go.id, Kamis (22/6).      

Abdul menambahkan, dengan meningkatnya jumlah pesanan pada musim Lebaran ini, dia beserta 100 petani di kelompoknya meraup keuntungan berlipat dibanding hari biasa. Harga per tangkai Sedap Malam dibagi 3 grade berdasarkan kualitas dan ukuran kelopak bunga. Yakni bunga dengan grade A, B dan C. Untuk harga pertangkainya, grade A dibandrol pada kisaran Rp 2.500, grade B Rp 2.000, dan grade C Rp 1.500.

“Bisnis bunga potong Sedap Malam ini sangat prospektif untuk terus dikembangkan. Selain keuntungannya lumayan, saya dan teman-teman sesama petani juga ikut mempromosikan Sedap Malam sebagai flora andalan Kabupaten Pasuruan biar lebih dikenal lagi. Sedap Malam kita ini juga sangat berpeluang menembus pasar internasional. Asal diimbangi dengan peningkatan ketrampilan SDM petani,“ paparnya.

Pria yang sudah menekuni budidaya Sedap Malam sejak 1973 ini optimistis jika Bunga Sedap Malam asal Kabupaten Pasuruan mampu menembus pasar internasional. Asalkan, setiap petani Sedap Malam diberikan pendampingan secara intensif dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang berkompeten pada budidaya bunga potong tersebut.

Ada beberapa varietas bunga Sedap Malam yang dikembangkan para petani anggota Gapoktan Bunga Sedap Malam di Kecamatan Rembang. Diantaranya adalah varietas unggulan nasional Roro Anteng dan Dian Arum.

(NS)
  1. Pertanian
  2. Lebaran 2017
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata