1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Gus Irsyad salurkan zakat OPD ke Baznas

Penyaluran zakat melalui Baznas merupakan langkah untuk memaksimalkan fungsi Baznas.

Bupati Irsyad Yusuf (tiga dari kiri) bersama jajaran menyerahkan zakat OPD Kabupaten Pasuruan ke BAZNAS.. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Selasa, 20 Juni 2017 22:48

Merdeka.com, Pasuruan - Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf atau yang akrab disapa Gus Irsyad, menyalurkan langsung zakat dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Pasuruan kepada Ketua Baznas Kabupaten Pasuruan KH Sonhaji Abdussomad di Pendopo Nyawiji Ngesthi Wenganing Gusti, Kabupaten Pasuruan, Selasa (20/6).

Dalam kesempatan itu, Gus Irsyad menyampaikan bahwa penyaluran zakat melalui Baznas merupakan langkah untuk memaksimalkan fungsi Baznas dan juga merupakan langkah yang harus didukung bersama.

"Sebab Baznas bisa menjadi badan amil yang bisa mendistribusikannya kepada masyarakat yang berhak untuk mendapatkannya. Serta memberikan motivasi kepada masyarakat agar bisa menyalurkan zakat melalui Baznas," ujar Gus Irsyad, usai menyerahkan zakat.

Gus Irsyad juga berharap agar Baznas bisa mengelola potensi zakat dengan baik. Sehingga bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakat. "Dan sekaligus bisa membangkitkan ekonomi kerakyatan serta memoderasi kesenjangan sosial," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Pasuruan, KH Sonhaji Abdussomad menyampaikan bahwa pihaknya menargetkan, bisa menghimpun zakat selama bulan Ramadan 2017 ini sebesar Rp 2 miliar.

"Di tahun 2016 lalu sudah berhasil terhimpun Rp 2 miliar. Untuk itu, tahun ini kami yakin angka itu tercapai dan semoga bisa lebih," ujar pria yang pernah menjadi Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan tersebut.

Untuk diketahui, jumlah zakat, infaq dan shodaqoh yang dikumpulkan dari pejabat Pemkab Pasuruan ini,  mencapai Rp 373.967.000 atau naik 300 persen dari tahun sebelumnya. Dana tersebut diserahkan ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasuruan, untuk kemudian akan disalurkan ke para dhuafa dan diberikan kepada pelajar tak mampu hingga warga miskin yang berniaga. (abu)

(NS)
  1. Zakat
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata