1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Genjot sektor wisata, Pemkab Pasuruan anggarkan Rp 13 miliar

Dalam anggaran 2018, Pemkab Pasuruan juga akan meningkatkan kualitas SDM melalui pelatihan bagi anggota Pokdarwis di beberapa kecamatan.

Bupati Irsyad ketika memberikan sambutan pada Pasuruan Fashion Carnival beberapa waktu lalu. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Selasa, 31 Oktober 2017 23:23

Merdeka.com, Pasuruan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan menganggarkan anggaran sebesar Rp 13 miliar pada tahun anggaran 2018 untuk pengembangan sektor wisata di kabupaten tersebut. Langkah itu sebagai bentuk upaya Pemkab Pasuruan tidak setengah-setengah dalam menggenjot sektor tersebut.

“Tahun 2018 merupakan tahun ke-5 masa jabatan saya dengan Pak Wabup Riang Kulup Prayudha, yang fokus utamanya yaitu pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf kepada merdeka.com, Selasa (31/10).

Dia menjelaskan, letak geografis Kabupaten Pasuruan berada pada posisi yang strategis. Yakni pada segitiga emas karena diapit oleh kota-kota besar yang ada di Provinsi Jawa Timur. Belum lagi dengan ditetapkannya kawasan Bromo-Tengger-Semeru sebagai 10 destinasi unggulan nasional merupakan peluang sekaligus tantangan yang harus dijawab oleh Pemkab Pasuruan.

Antara lain dengan dipersiapkannya sejumlah program yang mengarah kepada program pengembangan pemasaran pariwisata, program pengembangan destinasi wisata, program pengolaan kekayaan dan keragaman budaya, serta program pengembangan kemitraan.

“Sebagai daya dukung penyiapan infrastruktur pengembangan pariwisata, pada tahun 2018 mendatang direncanakan akan dibangun dermaga apung di Ranu Grati, serta kios cinderamata di Tlogosari Tosari,” terang Bupati yang hobi sepakbola tersebut.

Selain itu, bupati yang akrab disapa Gus Irsyad itu mengatakan bahwa dalam anggaran 2018 mendatang, pihaknya juga akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan bagi anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di beberapa kecamatan yang menjadi penyangga Bromo-Tengger-Semeru.

“Dan sebagai upaya untuk lebih memperkenalkan potensi pariwisata Kabupaten Pasuruan pada tahun 2018 mendatang, kami akan mengikuti beberapa kegiatan pameran baik di tingkat regional maupun nasional. Juga akan diselenggarakan kegiatan Direct Promotion ke beberapa daerah di Jawa Timur. Bahkan, kami akan menggelar Pameran Tunggal dengan tema PIATEX (Pasuruan Investment Tourism and Trade Expo),” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf berkomitmen bahwa di tahun 2018 nanti, dirinya akan fokuskan pembangunan untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan. (oci)

(NS)
  1. Kebijakan Publik
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata