1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Bupati Irsyad kembali dinobatkan sebagai Kepala Daerah Inovatif

“Sekali lagi saya tegaskan bahwa penghargaan apapun yang kita terima tak ubahnya merupakan hasil dari kerja keras dan doa kita semua."

Para kepala daerah penerima penghargaan.. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Rabu, 02 Agustus 2017 09:46

Merdeka.com, Pasuruan - Kerja keras Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, yang selama ini telah membawa perubahan Kabupaten Pasuruan sebagai salah satu daerah yang terus maju dan berkembang. Hal itu juga membuat bupati yang akrab disapa Gus Irsyad itu, mendapat segudang penghargaan. Bahkan, kali ini ia kembali dinobatkan sebagai salah satu Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2017 oleh media nasional Koran Seputar Indonesia (Sindo).

Penobatan sebagai Kepala Daerah Inovatif itu, diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo didampingi CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo dalam acara Malam Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif 2017 di Hotel Westin, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (01/8) malam. Total ada 13 Bupati, 9 Walikota serta 5 Gubernur se-Indonesia yang meraih predikat tersebut.

Pemimpin Redaksi (Pemred) Koran Sindo Pung Purwanto mengatakan, KDI merupakan apresiasi atas berbagai keberhasilan para kepala daerah dalam mengelola dan menggarap potensi daerah, sehingga akan memacu pertumbuhan dan kemajuan berbagai sektor pembangunan.

“Seperti kita ketahui bersama, bahwa KDI adalah program tahunan yang dilaksanakan Koran Sindo sebagai bentuk komitmen untuk menggaungkan semangat membangun Indonesia dari daerah," kata Pung dalam sambutannya.

Berbicara tentang Bupati Irsyad, Pung mengungkapkan banyak kemajuan yang terjadi di Kabupaten Pasuruan, khususnya melalui inovasi kepemimpinan Bupati Irsyad. Diantaranya mulai dari bidang investasi, ekonomi kreatif, pemerintahan, sampai dengan sosial budaya.

“Sudah terlihat semenjak setahun kepemimpinan, banyak raihan prestasi mulai dari WTP, Otonomy Award, Baksyacaraka dan lainnya. Sehingga secara otomatis banyak pihak yang juga ikut mengapresiasi keberhasilan Bupati Irsyad dan kepala daerah inovatif lainnya. Selamat, semoga inovasinya terus berkembang dan tak berhenti,” terangnya.

Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo berharap, KDI dapat menjadi penyemangat para kepala daerah dalam mempertahankan prestasi sebagai pemicu para kepala daerah lain agar dapat membuat terobosan dan inovasi cerdas dalam memajukan wilayah yang dipimpinnya.

“Seorang kepala daerah tidak boleh berpuas diri. Prestasi jangan dijadikan patokan, tapi lebih ke bagaimana mengeluarkan inovasi dalam membangun daerah yang dipimpinnya. Itu yang paling penting dan harus dimiliki oleh jiwa seorang pemimpin daerah,” ucap Tjahjo di hadapan para penerima penghargaan.

Menurut Tjahjo, seorang kepala daerah inovatif harus memiliki 2 hal, yakni diskresi kewenangan untuk mengembangkan program inovasi daerah sesuai dengan karakteristik masalah dan spesifikasi kebutuhan masyarakat di daerah, serta merumuskan kebijakan inovasi yang sesuai dengan UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

“Inovasi itu tidak berhenti, melainkan terus berkelanjutan sampai benar-benar maju dan menjadi percontohan. Semoga para kepala daerah inovatif ini bisa menjadi contoh bagi kepala daerah lain yang tidak hanya duduk manis di kursi jabatan, tapi harus turun lapangan melihat masalah apa yang sedang dihadapi, kebutuhan masyarakat apa yang urgent, sampai dengan kebijakan yang muaranya adalah menyejahterakan masyarakat yang dipimpinnya,” tegasnya.

Di sisi lain, Bupati Irsyad menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengapresiasi inovasi yang dikeluarkan dalam rangka membangun Kabupaten Pasuruan yang sesuai dengan visi misi kepemimpinannya bersama Wabup Gagah, yakni Menuju Kabupaten Pasuruan yang Sejahtera dan Maslahat.

“Sekali lagi saya tegaskan bahwa penghargaan apapun yang kita terima tak ubahnya merupakan hasil dari kerja keras dan doa kita semua. Saya hanya memberikan motivasi dan inovasi agar Kabupaten Pasuruan ini semakin dikenal oleh kalangan manapun,” ujar Bupati Irsyad, sesaat setelah acara selesai.

Selain itu, pria yang juga piawai dalam bermusik dan memiliki hobi olahraga sepak bola itu, mengajak semua masyarakat dari berbagai daerah di Tanah Air, untuk datang dan menikmati segala pesona Kabupaten Pasuruan, sesuai dengan tagline “Pasuruan Always Fresh.”

“Kami punya Gunung Bromo di Tosari, Apel dan Krisan di Tutur, Mangga Klonal 21 di Rembang dan Grati, Durian Kakap, aneka batik dan bordir di Bangil dan sekitarnya, Banyubiru di Winongan, Peninggalan Sumbertetek di Gempol, TSI II Prigen dan aneka bunga hias di Prigen, Kebun Raya di Purwodadi, dan masih banyak yang lainnya. Dan kami siap menjamu Anda semua,” pungkas Bupati Irsyad. (abu)

(NS)
  1. Penghargaan
KOMENTAR ANDA