1. HOME
  2. INFO PASURUAN

Besok, Wapres JK dijadwalkan kunjungi proyek Umbulan di Pasuruan

SPAM Umbulan akan memasok air bersih perpipaan di Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik.

Sumber mata air Umbulan. Foto/Abu Zahirah. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Rabu, 19 Juli 2017 21:34

Merdeka.com, Pasuruan - Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla dijadwalkan akan meresmikan kegiatan awal pembangunan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Kamis (20/7) besok.

Selain Wapres JK, sejumlah menteri dan pejabat lainnya juga dijadwalkan hadir dalam kegiatan tersebut. Di antaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, dan sejumlah pejabat lainnya.

"Ya, besok informasinya ada Pak Wapres JK mau ke Umbulan. Makanya ini banyak tentara dan polisi yang berdatangan ke lokasi Umbulan, untuk persiapan acara besok," ujar Khamim, salah seorang warga setempat, Rabu (19/7).

Dari informasi yang diterima merdeka.com, pemerintah akan mengeluarkan dana untuk invesatsi sebesar Rp 2,05 triliun. Sedangkan sisanya, dipenuhi oleh pihak swasta dari Grup Medco yakni PT Meta Adhy Tirta Umbulan sebagai pelaksana.

SPAM Umbulan akan memasok air bersih perpipaan di Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik. Mega proyek SPAM Umbulan diperkirakan menelan total biaya sekitar Rp 4,51 triliun.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, proyek SPAM Umbulan merupakan salah satu proyek strategis nasional. Proyek tersebut sesuai Perpres 3 tahun 2016, dan pembangunannya dilakukan melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). "Kami memberikan dukungan agar SPAM Umbulan bisa direalisasikan agar tarif air nantinya terjangkau bagi masyarakat," tuturnya.

Dukungan yang diberikan yakni pembiayaan dan pembangunan pipa dari titik offtake sampai ke jaringan pipa distribusi utama, pembiayaan dan pembangunan fasilitas instalasi pengolahan air dari Kali Rejoso dengan kapasitas 300 liter per detik. Selain itu, penempatan pipa dan pengurangan biaya sewa lahan di jalan tol yang dilalui. Penempatan pipa dilakukan pada ruas jalan tol Pasuruan-Gempol, Gempol-Pandaan, Surabaya-Gempol, Surabaya-Mojokerto dan Surabaya-Gresik. (abu)

(NS)
  1. Proyek Nasional
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata