1. HOME
  2. PARIWISATA

Istri Gus Irsyad ajak wisatawan kunjungi kampung warna-warni

"Saya mengajak para wisatawan untuk datang dan berkunjung ke Kampung Dewi Endang Sukarni. Kampung ini benar-benar bagus, indah, dan keren."

Kulis Irsyad. ©2018 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Jum'at, 19 Januari 2018 23:59

Merdeka.com, Pasuruan - Istri Bupati Pasuruan, Lulis Irsyad Yusuf mengajak para wisatawan untuk berkunjung ke kampung warna-warni atau juga disebut Kampung Dewi Endang Sukarni, yang terletak di Dusun Bandilan, Desa Ranu Klidungan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan.

Beberapa hari kemarin, kampung Dewi Endang Sukarni atau kalau dipanjangkan berarti Kampung Desa Wisata Enak Dipandang, Subur, dan Suka Warna-Warni ini, diluncurkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan, Lulis Irsyad Yusuf.

"Saya mengajak para wisatawan untuk datang dan berkunjung ke Kampung Dewi Endang Sukarni. Kampung ini benar-benar bagus, indah, dan keren. Jadi rugi kalau belum datang ke sini," kata istri Gus Irsyad ini kepada merdeka.com, Jumat (19/01).

Lulis sendiri mengaku kagum dan takjub saat berkunjung sekaligus meluncurkan kampung tersebut. Sebab, kata Lulis, sangat unik, lantaran seluruh rumah dilukis dengan gambar yang beragam.

Selain itu, jalan lingkungan yang juga berwarna-warni dan aneka tanaman hias yang menancap di setiap sudut rumah maupun fasilitas umum yang ada di kampung tersebut. "Saya kagum dengan kampung Dewi Endang Sukarni, karena swadaya dan warganya kompak semuanya," imbuh Lulis.

Kampung Dewi Endang Sukarni
© 2018 pasuruan.merdeka.com/Gus Oci

Lulis juga menambahkan bahwa di kampung tersebut, juga akan disajikan ikan lempuk khas Danau Ranu Grati, dan wisatawan juga bakal menikmati segala pesona yang ada di Ranu Klindungan.

"Ranu Klidungan ini sudah Pak Bupati tetapkan sebagai Desa Wisata di Kabupaten Pasuruan. Ayo saya undang semua masyarakat dari manapun berada, untuk datang ke Dusun Bandilan, Kabupaten Pasuruan," ajak Lulis.

Sementara itu, Kepala Desa Ranu Klindungan, Nizar mengatakan, nama Dewi Endang Sukarni merupakan kesepakatan dari seluruh warga untuk memberikan nama yang pas bagi kampung kebanggaan mereka. Terlebih, keberadaan Kampung ini menjadi daya tarik wisata yang ada di Kecamatan Grati.

"Sehingga diharapkan nama tersebut menjadi hoki bagi perkembangan kepariwisataan di sana. Dan kami pengennya sebuah nama yang mencerminkan kampung kita. Nama Endang Dewi Sukarni itu kan nama Jawa, jadi pas dengan ikon kampung. Semoga saja Kampung ini akan terus menarik tidak hanya sekarang saja, tapi sampai bertahun-tahun mendatang," pungkasnya. (oci)

(NS)
  1. Peristiwa
  2. Ragam
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata