1. HOME
  2. KOMUNITAS

Begini ketika Bupati Irsyad ngonthel bareng ribuan onthelis

"Kegiatan ngonthel bareng ini banyak sisi positifnya."

Bupati Irsyad ketika ngonhtel bareng para onthelis. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Senin, 16 Oktober 2017 11:18

Merdeka.com, Pasuruan - Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf seakan tak pernah sepi dari aktivitas. Bahkan, hampir setiap hari orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan ini melakukan kegiatannya bersama masyarakat. Kali ini, Bupati Irsyad melakukan kegiatan ngonthel bareng ribuan onthelis.

Pantauan di lokasi, ribuan onthelis (sebutan untuk para pengayuh sepeda onthel) dari berbagai daerah di Tanah Air, berkeliling Kota Bangil, Minggu (15/10). Dengan memakai seragam bak seorang pahlawan, mereka berkeliling Kota Bangil bersama Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf dan beberapa anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forpimda) seperti Wakapolres Pasuruan Kompol Herlina, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan, para pengurus Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) diantaranya Joko Rinto, Ketua Umum KOSTI Pusat Purnomo, Ketua KOSTI Jawa Timur Ahmad Ansori, Ketua KOSTI Kabupaten Pasuruan, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Pasuruan, dan pejabat lainnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Ngonthel Bareng Bupati Pasuruan Abdul Munif mengatakan, tujuan diadakannya acara ngonthel bareng tersebut adalah untuk membudayakan olahraga ngonthel (mengayuh sepeda non mesin) di kalangan masyarakat, disamping memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1088.

"Kita punya komunitas sepeda tua yang kita namakan KOSTI. Komunitas ini ada di semua daerah se-Indonesia, sehingga hari ini berkumpul untuk bersilaturrahmi antar komunitas sekalian juga mengenal Kabupaten Pasuruan lebih jauh," kata Munif di sela-sela acara.

Ditambahkannya, jumlah peserta yang mengikuti Ngontel Bareng Bupati Pasuruan mencapai lebih dari 3000 peserta yang terdiri dari perorangan maupun kelompok. Mereka berangkat dari Sentra Produk Unggulan Kabupaten Pasuruan di Pogar Bangil dan melewati semua jalan di Kecamatan Bangil dengan total rute mencapai 14 KM. "Kalau pemula bisa sampai satu jam, tapi kalau sudah anggota komunitas atau profesional cukup 40 menit saja sudah sampai di finish," imbuhnya.

Bupati Irsyad ketika ngonthel bareng para onthelis
© 2017 pasuruan.merdeka.com/Istimewa

Sementara itu, Bupati Irsyad terlihat sangat antusias ngonthel bareng ribuan peserta yang diberangkatkan oleh Ketua Penasehat KOSTI Pusat Bambang Waluyo Jati itu. Setelah sampai di garis finish (sama dengan lokasi pemberangkatan di Sentra Produk Unggulan), pria yang berulang tahun tepat pada hari Pahlawan itu mengaku senang bisa ngonthel bareng, lantaran selain sehat, dirinya bisa menyapa seluruh warganya.

"Lumayan capek, tapi senang sekali karena bisa ngonthel bareng-bareng para komunitas sepeda tua maupun peserta lainnya. Apalagi harinya juga minggu, pas sekali untuk berolahraga," ucap Irsyad sembari mengelap keringat.

Irsyad sendiri berharap agar acara ngonthel bareng bisa dijadikan agenda tahunan, utamanya memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan. "Kegiatan ngonthel bareng ini banyak sisi positifnya. Disamping mengajak hidup sehat, juga menjaga warisan dan peninggalan nenek moyang, yakni sepeda tua. Maka dari itu, saya minta untuk dijadikan agenda rutin setiap tahunnya," jelasnya.

Dalam acara tersebut, Bupati Irsyad juga menerima seragam KOSTI oleh Ketua Umum KOSTI Joko Rinto untuk ditetapkan sebagai keluarga besar KOSTI Indonesia dan sebagai Ketua Dewan Penasehat KOSTI Kabupaten Pasuruan. (abu)

(NS)
  1. Peristiwa
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata