1. HOME
  2. KOMUNITAS

Bupati Irsyad dukung pelaksanaan lomba perahu dayung, naga dan hias di Rejoso

"Saya sangat mendukung penuh masyarakat yang memanfaatkan desanya untuk memperkenalkan, sekaligus mempopulerkan desa..."

Lomba perahi di Sungai Rejoso. Foto/pasuruankab.go.id. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Sabtu, 26 Agustus 2017 22:48

Merdeka.com, Pasuruan - Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mendukung penuh setiap ide kreatif dan gagasan masyarakat yang ingin memeriahkan HUT Kemerdekaan RI dengan kegiatan-kegiatan yang menarik. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh warga Rejoso dengan memanfaatkan sungai Rejoso sebagai lokasi lomba perahu dayung, naga dan perahu hias.

"Saya sangat mendukung penuh masyarakat yang memanfaatkan desanya untuk memperkenalkan, sekaligus mempopulerkan desa melalui kegiatan menarik seperti yang dilakukan oleh warga yang tergabung dalam HSNI ini," kata Bupati Irsyad dalam sambutannya, Sabtu (26/8).

Kegiatan itu sendiri digelar oleh Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Pasuruan dan diikuti oleh puluhan peserta yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan di wilayah setempat.

Bupati Isryad ketika memberikan sambutan pada lomba perahu dayung, hias dan naga di Sungai Rejoso
© 2017 pasuruan.merdeka.com/Abu Zahirah

Ketua HSNI Kabupaten Pasuruan Muhammad Ilyas mengatakan, tujuan diselenggarakannya lomba perahu dayung, perahu naga dan perahu hias adalah untuk memberikan wadah bagi para nelayan yang memiliki kemampuan dalam membuat dan menghias perahu.

"Banyak sekali nelayan Rejoso yang bukan hanya punya perahu dengan membeli, tapi juga membuat sendiri. Maka dari itu, kami gelar lomba perahu hias, perahu naga dan perahu dayung," ujar Ilyas kepada sejumlah wartawan.

Lomba itu sendiri, kata dia, diikuti oleh 16 perahu yang dihias sedemikian rupa. Khusus untuk lomba perahu dayung diikuti oleh 32 perahu dari Desa Jarangan, Rejoso dan Pateguran. Sungai Rejoso memiliki aliran air yang cukup deras, sehingga ideal untuk dijadikan sebagai tempat lomba perahu dayung, hias dan perahu naga.

"Event ini baru pertama kali kami laksanakan, dan antusiasme masyarakat dan peserta nya juga luar biasa. Ditambah lagi momennya berbarengan dengan HUT kemerdekaan RI yang ke-72 sehingga masyarakat sangat senang menikmati acara ini," tutupnya. (abu)

(NS)
  1. Peristiwa
  2. Ragam
KOMENTAR ANDA