1. HOME
  2. PROFIL

Komitmen dukung KB, Irsyad Yusuf kembali terima penghargaan pemerintah

"Program tersebut sesuai dengan visi dan misi menuju Kabupaten Pasuruan yang sejahtera dan maslahat."

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani memberikan selamat kepada Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf. Foto/Humas Pemkab Pasuruan. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Sabtu, 15 Juli 2017 19:21

Merdeka.com, Pasuruan - Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf kembali menerima penghargaan dari pemerintah pusat berupa Anugerah Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan Tahun 2017. Kali ini penghargaan tersebut diberikan kepada Irsyad untuk bidang kependudukan dan keluarga berencana (KB).

Penganugrahan tersebut, sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 59/TK/2017, Tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana kepada Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf yang telah berhasil memiliki komitmen tinggi dalam mendukung program Pemerintah Pusat, yakni Program Keluarga Berencana.

Penyerahan penghargaan itu sendiri diwakilkan kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani yang langsung memberikannya kepada Bupati Irsyad, dalam acara Puncak Hari Keluarga Nasional ke XXIV tahun 2017 di Propinsi Lampung, Sabtu (15/07).

Ditemui sesaat setelah pemberian penganugerahan, Bupati Irsyad menegaskan bahwa masalah kependudukan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan, utamanya dalam mengantisipasi ledakan penduduk yang bisa saja terjadi apabila tidak ada sosialisasi program KB dengan dua anak cukup maupun program pengendalian peningkatan jumlah penduduk setiap waktunya.

"Program tersebut sesuai dengan visi dan misi menuju Kabupaten Pasuruan yang sejahtera dan maslahat. Kabupaten Pasuruan sendiri memiliki banyak penduduk yang beragam, baik dari profesi sampai dengan usia. Maka dari itu, program yang telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi dalam bidang kependudukan harus selalu kita dukung," tegasnya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani menyematkan Satya Lencana Pembangunan kepada Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf.
© 2017 pasuruan.merdeka.com/Humas Pemkab Pasuruan

 

Irsyad menambahkan, untuk mendukung program KB, pihaknya telah mencanangkan Kampung KB yang dimulai sejak tahun 2015 lalu, seperti di Dusun Kalikunting, Desa Tambakan, Kecamatan Bangil, yang lebih dulu ditetapkan sebagai Kampung KB Kabupaten Pasuruan, sekaligus sebagai Pilot Project (Proyek Percontohan) Kampung KB di Balai Desa Tambakan.

“Kampung KB difokuskan pada daerah yang padat penduduknya dengan tujuan untuk menekan jumlah penduduk di kawasan tersebut. Program ini akan berhasil apabila didukung program pemerintah, baik dari Dinas KB PP, dinas kesehatan, pendidikan, UKM, PU dan lainnya. Kita harapkan program kampung KB ini dapat lebih menyentuh pada masyarakat yang membutuhkan terutama pada fasilitas kesehatan dan pendidikan," jelas pria yang hobi olahraga sepakbola itu.

Lebih lanjut pria yang juga hobi fotografi ini mengatakan, program Kampung KB sejalan dengan Program Kabupaten Pasuruan Maslahat. Dalam artian akan menyatu dengan program Desa Maslahat (maju, aman, sehat lahir batin, adil dan bermartabat), dengan mensinergikan program pemerintah Kabupaten menuju terwujudnya desa mandiri.

“Kami berharap kesejahteraan masyarakat akan meningkat setelah mengikuti KB dan pembangunan keluarga yang dilaksanakan secara tematik lewat program Kampung KB," bebernya di hadapan para undangan. (abu)

(NS)
  1. Kebijakan Publik
  2. Penghargaan
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata